Transformasi Digital untuk Bisnis
Dalam beberapa tahun belakangan ini kita sudah melihat kemajuan teknologi yang begitu pesat terhadap perubahan aktivitas kehidupan masyarakat yang bisa kita sebut transformasi ke arah digital. Transformasi ini juga telah merambat ke sektor ekonomi seperti menjual barang atau jasa hingga perubahan model transaksi. Teknologi digital mampu memfasilitasi berbagai keinginan individu antara dunia fisik dengan dunia digital. Dengan perkembangan transformasi digital dapat menutut adanya penelitian lebih lanjut mengenai Transformasi digital untuk bisnis. Konsumen sekarang dapat saling bertukar informasi mengenai yang digunakan sebagai waduh menampung pendapat/diskusi terhadap suatu layanan produk atau jasa. Hal tersebut dapat menjadi lebih transparan, dengan berdirinya suatu komunitas konsumen sadar dengan tidak langsung mudah percaya terhadap sistem pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan bisnis. Transformasi Digital atau digitalisasi adalah suatu mengubah suatu proses non digital atau menggantikan teknologi lama dengan teknologi digital baru pada suatu layanan atau bisnis. Teknologi sekarang mendominasi dunia usaha. Pembisnis konvensional banyak beralih ke dunia teknologi dengan harapan meraih pendapat yang lebih baik. Peran Transformasi Digital ini melahirkan istilah dengan sebutan e-business,marketplace seperti amazon,lazada,tokopedia,shopee,bukalapak bahkan digitalisasi juga merambat hingga ke akses kepentingan publik. Peran digital tentu saja menghemat pengeluar bisnis, tidak perlu lagi menyewa tempat bisnis hanya bermodal digital pemasaran dapat dilakukan melalui media sosial atau website, selain itu bisnis digital dapat menjangkau para konsumen tanpa batasan. Medianya juga tidak perlu repot hanya dengan ponsel maupun pc semua aktifitas bisnis terlaksana dengan efisien. Di era bisnis tentu dapat memangkas pengeluaran biaya dan lain lain.
Dikutip menurut Hussey setidaknya ada 6 yang
menyebabkan akan perubahan yang berkaitan dengan transformasi digital untuk
bisnis :
· Perubahan
teknologi terus meningkat sebagai akibat dari perubahan teknologi yang terus meningkat, kecepatan penyusutan teknologi
menjadi semakin meningkat pula. Perkembangan baru ini mengakibatkan perubahan
ketrampilan,pekerjaan, struktur dan seringkali juga budaya. Dengan
demikian sumber daya
manusia harus selalu mengikuti
perkembangan teknologi agar tidak tertinggal zaman. Sumber daya manusia tidak boleh gagal teknologi.
· Persaingan
semakin intensif dan menjadi lebih global dalam dunia yang semakin terbuka terjadi persaingan yang semakin
tajam dengan cakupan lintas Negara.
· Pelanggan
semakin banyak tuntutan dalam hal ini pelanggan tidak mau menerima layanan yang
jelek atau kualitasnya rendah.
· Profil
demografis negara berubahPerkembangan
demografis akan sangat berpengaruh terhadap pola kebutuhan
masyarakat. Oleh karena itu dunia bisnis harus mampu menangkap kecenderungan
tersebut.
· Privatisasi
bisnis milikmasyarakat berlanjutPrivatisasi
bisnis semakin luas
dimana monopoli yang dimiliki sekelompok masyarakat tertentu menjadi
hilang.
· Pemegang
saham minta lebih banyak nilai pengaruh
pasar uang pada tuntutan terhadap
kinerja korporat menciptakan tekanan untuk dilakukan perbaikan secara
terus menerus pada pertumbuhan kapital dan pendapatan korporat.
kita harus cepat dalam melakukan perubahan
digitalisasi mulai sekarang agar dapat memenuhi suatu perubahan jaman agar
memenuhi tuntutan persaingan global yang sangat kompetitif jika tetap pada
konsep lama maka kita akan ketinggalan. Contoh sederahanya bisa kita ambil
contoh bisnis digital dalam bentuk toko online (seperti lazada) nah disini kita
dapat menjualkan produk melalui market online mungkin itu shopee,lazada (pilih
salah satu) dengan mendaftarkan akun lapaknya ikut prosesnya jika sudah maka
kita siap menjualnya melalui marketplace tersebut kemudian untuk pemasaran jasa
online seperti jasa voucher,booking tiket. Digitalisasi memberikan berbagai
manfaat untuk perusahaan diantaranya adalah
1. Pengurangan
biaya bisnis
Dengan model sistem bisnis
konvensional memungkinkan bagi pelaku usaha melakukan proses operasional yang
sangat panjang dan juga membutuhkab biaya
yang cukup besar tapi dengan beralih ke sistem digital kita dapat
memotong biaya operasional bisnis
2. Menciptakan
Pengalaman Pelanggan yang baik
Ini merupakan salah satu nilai poin
penting dalam menjalankan bisnis. suatu keberhasilan bisnis yang dijalankan
dapat memahami apa yang diingkan atau dibutuhkan oleh pelanggan. Suatu konsumer
yang membeli barang atau jasa bukan hanya sekedar membutuhkan namun juga
mengalami kepuasan atas kualitas barang atau jasa yang diterima. dengan
memberikan kesan yang menarik bagi pelanggan tersebut maka konsumer akan
membagikan pengalamannya kepada orang lain mungkin saja teman,keluarga, dan
calon pembeli misalnya melalui review dengan demikian penggunaan digitalisasi
untuk mengetahui sikap kebutuhan konsumer lebih cepat dan efisien dibandingkan
dengan sistem konvensional.
3. Sistem
bekerja secara otomatis
Hal yang sering didengar dalam
digitalisasi adalah otomatisasi. Dengan menggunkan sistem tersebut tanpa harus
menggunakan tenaga manusia sistem akan berkerja secara otomatis dan independen
selama 24 jam serta meminimalisirkan kesalahan pekerjaan ulang. Contohnya adalah sistem pembayaran
otomatis pada transaksi online dimana tanpa harus kekasir kita bisa membayar
barang atau jasa sementara sistemlah yang akan mengaturnya.
4. peningkatan
produktivitas bisnis
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa
dengan beralih dari sistem konvensional merubah dengan menggunakan digital
terhadap suatu layanan atau prdouk sangat jelas dapat meningkatkan
produktivitas bisnis. digitalisasi membantu mengurangi biaya,efisien, cepat,
aman dibandigkan sistem konvensional.
Dimasa pandemi ini kebutuhan bisnis digital sangat
pesat dengan memanfaatkan situasi tersebut maka pelaku usaha mempercepat
peningkatan digitalisasinya adapun juga dengan digitalisasi masyarakat awan
bisa memahami teknologi digitaliasi. Disituasi kondisi pandemi menghimbau
masyarakat untuk melakukan jaga jarak/pembatsan sosial oleh pemerintah
memungkinkan para konsumer/pembisnis mengubah pola perilakunya seperti wfh.
Penggunaan internet sangat meningkat tidak luput juga pelaku usaha, pendapatan
bisnis ikut meningkat selama pandemi hal ini dilihat dengan masyarakat membeli
kebutuhan primer secara online tanpa harus keluar rumah, disatu sisi bagi
pelaku bisnis memberikan suatu pengalaman digitalisasi kepada pelanggan
merupakan hal wajib. Revolusi
indsutri 4.0 telah mendominasi, perusahaan dituntut untuk melakukan perubahan.
Namun sebelum itu apa yang dilakukan dalam sebelum memulai bisnis digitaliasi
disini saya akan menjabarkan secara garis besar diataranya
· Tentukan
target pasar
Disini kita perlu memperhatikan
apakah penjualan kita sudah tepat secara online. Tentu dengan mengetahui
tersebut kita dapat mengetahui pengeluaran biaya, pesaing, meningkatkan
produktivitas jualan maupun mengelola komunikasi yang baik dengan pelanggan
· Pahami
kebutuhan pelanggan
Dengan jumlah pelanggan yang banyak
merupakan tujuan yang sangat diingikan oleh pelaku bisnis. lewat pelanggan yang
melimpah tersebut usaha akan berjalan lancar sehingga menghasilkan keuntungan
berlipat ganda oleh sebab itu kita harus mengetahui keinginan konsumen agar
merasa terpenuhi keinginannya
· Memilih
Lokasi
Lokasi yang dimaksud disini bukan
menyewa tempat langsung namun lebih kearah platform e commerce contoh
marketplace yang bisa digunakan adalah tokopedia,lazada,shopee atau bahkan
membuat sencara mandiri dengan membuat website. keuntungannya dari akeses
tersebut tentu menjangkau pelanggan hingga keluar negeri, bekerja secara
sistematis 24 jam, meningkatkan kredibilitas binis digital, menghemat
pengeluaran, efisien dan mudah diakses.
Seorang pembisnis yang menghindari teknologi akan
berdampak pada proses operasional dimana akan memakan waktu dan biaya yang
cukup banyak sehingga sangat mungkin sekali bisnis tidak akan berjalan maka
mulai marilah membangun start up dengan pemanfaatan teknologi. Demikianlah dari
isi artikel ini semoga bermanfaat
Edry Alvyano, Fika Fitriasari
Sumber :
https://www.qlausa.com/digitalisasi-bisnis-di-era-revolusi-4-0/
http://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/62/49
https://www.stienobel-indonesia.ac.id/bisnis-online-peluang-bisnis-menjajikan-era-digital/
https://aqi.co.id/en/blog/manfaat-transformasi-digital-pada-bisnis
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-7-langkah-awal-membangun-startup-digital/
https://www.niagahoster.co.id/blog/target-pasar/#Manfaat_Target_Pasar
https://superyou.co.id/blog/keuangan/digital-marketing-untuk-bisnis/
Komentar
Posting Komentar