Kewirausahaan Digital untuk Ketahanan Bisnis

 Bisnis merupakan salah satu cara bagi pengusaha mencari peluangnya usahanya dengan caranya sendiri. Namun agar bertahan dalam persaingan bisnis yang sangat ketat ini maka berbagai cara yang dilakukan para wiruasahaan agar bisnisnya tetap berjalan salah satunya dengan menerapkan “Kewirausahaan Digital untuk Ketahanan Bisnis”. Di era teknologi digital sekarang ini telah mempengaruhi pola aspek hidup masyarakat yang awalnya konvensional menjadi digitalnisasi yang dinilai sangat efisien dan praktis ini disebabkan dengan dinamika gaya hidup masyarakat secara ekonomi,social,politik dan budaya yang sering berjalan dari waktu ke waktu telah merubah pola interaksi dan transaksi yang disebabkan oleh kemajuan teknologi itu sendiri. Hal ini menjadi dasar agar para pembisnis harus mencari kesempatannya strategi pemasarannya melalui teknologi agar dapat bersaing.Entrepreneurship berasal dari kata bahasa perancis yang berarti mengambil ahli,secara sederhana enterpreneurship selanjutnya disebut sebagai kewirausahaan dan dapat diartikan sebagai menciptakan nilai melalui kemampuan atau menciptkan peluang,menganalisis ketidakpastian hingga risiko. Didunia bisnis para pelaku usaha harus berinovasi terhadap layanan maupun produknya dengan dukung teknologi digital sebagai alat untuk mendapatkan keunggulan bisnisnya terhadap pesaingnya. Internet sekarang menjadikan hubungan yang tidak bisa dipishakan dengan masyarakat hampir segala aktifitas dilakukan hanya dilalui internet, jadi para pebisnis pasti memanfaatkan kesempatan itu sebagai saranan untuk mencari salah satunya peluang bisnis baik itu menjual produk hingga jasa secara online bahkan para pebisnis mendirikan websitenya sendiri agar mendekatkan usahannya dengan konsumer. Terlepas dari itu ada juga beberapa kalangan masyarakat menggunakan sistem offline  yang beranggapan bahwa berbisnis secara offline atau luring dapat menciptakan komunikasi secara langsung kepada pelanggan disatu sisi offline juga dapat memperlancar proses transaksi baik itu antara pembisnis maupun pembeli merasa sangat nyaman dan tidak perlu lagi khawatir dengan adanya marak penipuan dan juga dapat melihat barangnnya secara langsung sembelum membeli dibandingkan dengan online yang sering dilaporkan mengeluhkan adanya penipuan. Berdasarkan laporan experian “Rata-rata 25% orang Indonesia pernah mengalami tindak penipuan melalui berbagai macam e-commerce dan layanan, dan sekitar sepertiga (35%) dari mereka yang berpikir untuk mengganti penyedia layanan jasa ketika terjadi penipuan”, walaupun indonesia sangat pesat pertumbuhannya dalam bidang bisnis online maka perlu diperhatikan keamanan pada saat proses bisnis sehingga para pebisnis dan konsmur tetap aman. Adapun keunggulan jika kita membuka bisnis online, yaitu hemat biaya disini kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya membuka kantor maupun sewa tempat cukup dengan paket data saja kita dapat menjalakan bisnis 24 jam tanpa harus tutup toko dibandingkan offline yang sangat terbatas dikarenakan sulit untuk dijangkau ketika para pembeli ingin ketoko. Sejak pandemi covid 19 ini ekonomi di Indonesia sudah terasa dampaknya dimana gaya hidup masyarakat harus membiasakan sesuai anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan serta menjaga jarak physical distancing jaga jarak di keramaian, hal ini akan berakibat terhambatnya serta menyisakan ketidakpastian mengenai aktivitas bisnis,perdagangan,jasa dan supply chain dengan adanya digital memungkinkan para pelaku usaha dapat memamnfaatkan kesempatan ini dengan baik mengingat jumlah pengguna internet di era pandemic sangat pesat dikarenkan work from home. Dasar mempertahkan bisnis digital yang dijalakan kita harus mengetahui dulu yaitu produk/jasa yang kita berikan, maksud tujuan bisnis,sasaran konsumernya kepada siapa dipasarkan, jika dari 3 itu terpenuhi maka kita dapat menjalankan usaha digital online berjalan dengan baik. Beberapa sektor usaha yang dapat dipertahankan di era digital dan pademic yaitu ;

·       sektor makanan minum  

dimana sektor ini tidak akan pernah surut dan juga biaya modal ini sangat relatif rendah

·       Sektor kesehatan

Ini sangat cocok untuk menjadikan salah satu peluang bisnis karena dimasa pandemic sangat diperlukan untuk bertahan hidup seperti contohnya berjualan masker,sabun cuci tangan/sanitizer

·       Bisnis IT

Ini merupakan salah satu inovasi bisnis yang sangat cocok jika ingin memulai bisnis secara digital khususnya menjual atau mengembangkan layanan jasa seperti aplikasi video conference yang berguna untuk bertatap muka secara tidak langsung akibat masa pandemi covid-19.

Dengan terbukanya era digital usaha memungkinkan kita dapat membuka pintu perdagangan tanpa ada batas baik dalam negeri maupun luar negeri, mengingat yang sudah dijelaskan sebelumnya pengguna internet sangat banyak begitu pula para pelaku bisnis maka jumlah kompetitor juga akan banyak, sehingga strategi bisnis merupakan salah satu kunci untuk ketahanan bisnis dalam kewirausahaan. Disini ada beberapa cara agar menjalankan bisnis secara digital dapat terlaksanakan dengan baik diantaranya :

·       Pemanfaatan teknologi

Kewirusahaan digital paling lekat dengan era digital. Dengan teknologi dirancang untuk mempermudah bisnis usaha bukannya mempersulit terlebih lagi jika kompetitor sudah lebih dulu dalam pemanfaatan teknologi. Misalnya menggunakan teknologi digital seperti bisnis daring.

·       Menggunakan sosial media

Dengan memanfaatkan fitur fitur yang disediakan platform sosial media kita dapat memasarkan produk atau jasa kita dimedia sosial.baik melalui media whatsapps,instagram,facebook dan masih banyak lagi. Cara ini sangat praktis dan murah,tidak perlu memiliki skill khusus dalam media sosial

·       Membuat website

Membuat website tentunya juga dapat memasukan beberapa informasi usaha yang di nantinya dapat digunakan sebagai sarana ke pelanggan untuk lebih dekat mengenalkan jenis produk/jasa yang dtawarkan tidak lupa juga sebagai penamabahan perluasan jaringan bisnis usaha dimana konsumennya tida hanya daerah tapi negara hingga luar negeri. Pergunakanlah website premium berbayar karena memiliki fitur cukup lengkap dalam hal mendesign website agar terlihat profesional

·       Pahami Seacrh Engine Optimization

Sekarang banyak sekali orang dengan mudah mendapatkan informasi dengan menggunakan ponsel maupun pc mereka yaitu mensin pencari sebab mesin pencari adalah jendela informasi. Di negara kita sendiri 80,59% pengguna sudah menggunkan search engine pada google chrome untuk mencari berbagi informasi khususnya informasi berkaitan dengan bisnis

·       Melakukan Riset Pasar

Hampir sama seperti konvensional seperti biasanya Persiapan selanjutnya ialah melakukan riset pasar, tujuannya untuk menentukan produk maupun jasa jenis apa yang akan disediakan. Selain itu, bisa melihat kondisi persaingan, kisaran harga yang layak, dan lain sebagainya. Sehingga sebelum menjalankan bisnis digital pastikan melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat mengambil keputusan bisnis pasar dengan benar.

Sebelum menerapkan strategi bisnis kita juga perlu memperhatikan kondisi bisnis yang sedang kita jalanka. Untuk mengetahui kondisi suatu bisnis, hal yang perlu diperhatikan adalah melakukan analisis usaha, salah satu nya adalah melakukan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan singkatan dari kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu perusahaan secara keseluruhan. Swot disini bertujuan untuk memaksimalkan apa yangkita miliki, untuk keuntungan terbaik dalam bisnis . Dan kita dapat mengurangi kemungkinan kegagalan, dengan memahami kekurangan bisnis, dan menghilangkan bahaya yang akan membuat kita tidak sadar.

Adapun penjelasan singkatnya sebagai berikut:

1.     Kekuatan (strengths), meliputi kemampuan internal perusahaan, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya dan melayani pelanggan.

2.     Kelemahan (weaknesses), seperti apa saja keterbatasan internal dan faktor-faktor situasional negatif yang dapat menghalangi performa perusahaan.

3.     Peluang (opportunities), adalah faktor yang menguntungkan yang berasal dari lingkungan eksternal dan dapat digunakan perusahaan untuk memperoleh keuntungan.

4.     Ancaman (threats), yaitu faktor yang berasal dari lingkungan eksternal yang dapat menguntungkan dan memberikan tantangan bagi performa perusahaan.

Jika kita melakukan dengan benar maka usaha bisa berjalan dengan lancar demikian lah dari isi artikel ini semoga bermanfaat

Edry Alvyano, Fika Fitriasari

Sumber :

·       https://www.modalrakyat.id/blog/6-langkah-memulai-bisnis-digital-yang-sukses

·       https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-untuk-bersaing-di-era-digital/

·       https://www.dreambox.id/blog/yang-harus-dipersiapkan-sebelum-menjalankan-bisnis-digital-marketing/

·       https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-seo/

·       https://www.webarq.com/id/pentingnya-memiliki-website-untuk-para-pelaku-bisnis

Komentar